TUGAS
TULISAN PENGANTAR BISNIS 1
KELAS 1EB20
1. Aprilia
Rahayu (21212016)
2. Dewi
Sartika (21212962)
3. Firmansyah
J.R (22212989)
4. Insanul
Ikhlas (23212741)
5. Nur
Siti Fatimah (25212473)
PENDAHULUAN
·
Latar Belakang
Didalam dunia
bisnis saat ini sangatlah berkembang pesat, salah satu contohnya adalah maraknya kini supermarket yang sering kita
sebut dengan Indomaret dan Alfamart. Sebenarnya selain Alfamart dan Indomaret
masih banyak pemain minimarket lain. Sebut saja Circle K, Starmart, Yomart, AMPM,
dan beberapa nama lainnya (termasuk pemain lokal). Namun, yang tampak di mata
masyarakat adalah adu kuat antara Alfamart dan Indomaret. Maklum, kedua merek
minimarket ini sangat agresif menggarap pasar hingga ke kawasan perumahan.
Saking ketatnya bersaing, mereka seperti tak peduli dengan kedekatan lokasi
toko. Dalam radius 10 meter, gampang sekali dijumpai toko Alfamart berhadapan
dengan Indomaret. Malahan, di beberapa tempat ada satu gerai Indomaret diapit
dua Alfamart. Boleh dikatakan ini jurus
Alfamart untuk menekan Indomaret yang rata-rata gerainya lebih luas dibanding
Alfamart.
·
Tujuan Penulisan
Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan,
wawasan untuk mengenal lebih dalam mengenai dunia bisnis saat ini terutama pada
Alfamart dan Indomaret saat ini, serta menegetahui apa sebabnya kini banyak
Alfamart dan Indomaret saling berdekatan.
·
Pembahasan
Alfamart . Saat
ini sudah mencapai lebih dari 2.779 gerai seperti hendak mengimbangi
pertumbuhan jumlah gerai Indomaret- pesaing utamanya yang juga tumbuh
pesat.Indomaret pun tak mau kalah set dari Alfamart. Tak puas dengan 3.134
gerainya, tahun ini Indomaret berencana menambah sekitar 900 gerai lagi. Target
itu mengalami kenaikan lebih- kurang 250 gerai dibanding tahun 2008 yang penambahan
gerainya berkisar 650 toko. “Kami akan teruskan ke Aceh.
Jadi, tahun ini total gerai kami akan menjadi
4.000 an toko. Kami buka di Palembang dan Bali, “ujar Laurensius Tirta Widjaja,
Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama (IP), pengelola jaringan minimarket
Indomaret. Saat ini gerai Indomaret di Bali mencapai 50 toko dan di Medan 42
toko. Lauren mengklaim pihaknya adalah pionir di kedua wilayah itu.Alfamart
bertekad meningkatkan porsi waralabanya dari 23 % menjadi 30 %, sehingga member
peluang lebih besar pada investor untuk membesarkan Alfamart hingga ke pelosok.
Dalam hal
penentuan lokasi gerai Indomaret, metodenya relative fleksibel. Di Jakarta
misalnya, diplot dulu daerah utara, selatan, barat dan timur. Kemudian dipilah
lagi per kecamatan dan kabupaten. Nah, di tiap kecamatan dibuka kesempatan
pembukaan dua-tiga toko. Bila dalam perkembangannya kinerja gerai-gerai itu
bagus, akan ditambah lagi kesempatan pembukaan gerai lainnya. Meningkatkan pola
kerja sama waralaba adalah strategi lain yang dilancarkan minimarket untuk
ekspansi. Dalam hal ini Alfamart bertekad meningkatkan porsi waralabanya dari
23% menjadi 30%, sehingga memberi peluang lebih besar pada investor untuk
membesarkan Alfamart hingga ke pelosok. Adapun Indomaret mengaku hendak
meningkatkan inovasi produknya. Salah satunya kini dikembangkan dalah
meluncurkan kartu multifungsi. Smart card ini tidak hanya berfungsi untuk
belanja, tapi juga untuk membayar tagihan telepon, listrik, cicilan motor dan
mobil. Sekadar mengingatkan, saat ini jaringan Indomaret yang menggunakan
system waralaba berjumlah 1.300 gerai.
Perkembangan
yang menarik juga bisa dilihat dari sisi merek produk yang dijajakan. Rupanya
tak hanya hypermarket yang jeli membuat private label. Pengelola Jaringan
minimarket pun mengembangkan private label untuk menambah portofolio produknya
dengan harga miring dibanding produk serupa dari merek-merek terkenal.
sumber : awanragil.multiply.com, indocashregister.com
0 komentar:
Posting Komentar