Minggu, 28 April 2013

TULISAN 2 PEREKONOMIAN INDONESIA


NAMA              : APRILIA RAHAYU
KELAS             : 1 EB20
NPM                 : 21212016
JUDUL             : PENGARUH EKONOMI KREATIF TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA

A.      PENDAHULUAN
Untuk memenuhi tugas softskill Perekonomian indonesia yang diberikan oleh Ibu Tiwi selaku pangajar dan aktikel ini berjudul “Pengaruh Ekonomi Kreatif Terhadap Perkonomian Indonesia”. Saya mengangkat artikel ini berguna untuk memberikan suatu informasi kepada pembaca tentang hal tersebut. Banyak hal yang harus di ketahui perkembangan  pertumbuhan ekonomi indonesia di Indonesia, bagaimana pengaruh perekonomiannya dan lain-lain, dengan membaca tulisan ini setidaknya dapat menambah pengetahuan.
Artikel ini membahas tentang pengaruh ekonomia kreatif terhadap perekonomian indonesia, sejak kapan indonesia tau ekonomi kreatif tersebut, dan berapa besar pengaruhnya ekonomi kreatif pada perekonomian Indonesia.

B.      ISI
Pada saat ini perekonomian kehidupan dunia ekonomi dan bisnis telah mengalami pergeseran, yaitu dari ekonomia berbasis sumber daya ke paradigma ekonomi berbasis pengetahuanatau kreativitas. Akibat perubahan paradigma ini telah membuat strukut perekonomian dunia mengalami transformasi dengan cepat seiring pertumbuhan ekonomi, dari era pertanian ke era industri dan informasi.
Era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan pada ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi yang lebih dikenal dengan Ekonomi Kreatif.
Menurut ekonom, paul Romer (1993) ide adalah bareng ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Di dunia dengan keterbatasan fisik ini, adanya penemuan ide-ide besar bersamaan dengan penemuan jutaan ide-ide kecillah yang membuat ekonomi tetap tumbuh. Romer juga bependapat bahwa suatu negara miskin karena masyarakatnya tidak mempunyai akses pada ide yang digunakan dalam perindustrian nasional untuk menghasilkan nilai ekonomi
Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam dan keragaman budaya, harusnya lebih menyadari potensi ekonomi yang berasal dari gagasan kreatif masyarakat. Masyarakat Indonesia telah menyatukan diri dengan budaya dan alam sehingga melahirkan berbagai produk yang unik dan kreatif yang dapat menopang perekonomian Indonesia.
Ekonomi kreatif mulai marak dibicarakan di Indonesia, kira-kira 2006, karena pemerintah mencatat pertumbuhan ekonomi kreatif 2006 cukup tinggi, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi kreatif di atas rata-rata nasional pada 2006 mencapai 7,2% pertumbuhan Prodik Domestik Bruto (PDB) nasional hanya 5,6%. Selama 2002-2006, industri kreatif menyerao sekitar 5,9% juta pekerja dan menyumbang Rp 81,5 triliun atau 9,13% terhadap total ekspor nasional.
Bagi Indonesia, pengembangan ekonomi kreatif bisa dikatakan baru memasuki babak baru, ditandai dengan dimasukkannya kegiatan produktif itu dalam Kementrian hasil “ reshuffle” kabinet Indonesia Bersatu II pada Oktober.


C.     PENUTUP
Indonesia bisa dikatakan baru memasuki babak baru pada ekonomia kreatif, ekonomi kreatif marak dibicarakan kira-kira tahun 2006 karena pemerintah mencatat pertumbuhan ekonomi kreatif 2006 cukup tinggi, bahkan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Setelah maraknya ekonomi kreatif di Indonesia, perekonomian Indonesia pun terus meningkat pesat sampai tahun ini.

            DAFTAR PUSTAKA
            http://carapedia.com
            http://obrolanekonomi.blogspot.com
            http://pdesnia.wordpress.com


0 komentar:

Posting Komentar