Minggu, 18 November 2012

TUGAS BISNIS MINGGU 1



TUGAS MINGGU 1
KELAS 1EB20



1.   Aprilia Rahayu     (21212016)
2. Dewi Sartika         (21212962)
3. Firmansyah J.R     (22212989)
4. Insanul Ikhlas        (23212741)
5. Nur Siti Fatimah   (25212473)







1. Buatlah Skema/Alur tentang pengertian Bisnis dan Penjelasannya!
Manajemen operasi, menjalankan semua aktivias usaha untuk merubah input menjadi output.
Input :         
Aktivasi produksi/operasi adalah proses input, yang biasanya terdiri dari Bahan Baku yang bergantung dari Perusahaan yang dijalankan. Jika perusahaan bergerak dibidang kue, bahan baku biasanya terdiri dari Tepung terigu dan bahan bahan pembuat kue lainnya. Semua bahan baku selalu bergantung kepada perusahaan bergerak dalam bidang apa. Tingkat pengetahuan kerja dan tenaga profesional pun menjadi salah satu penunjang bahan baku. Termasuk teknologi, karena semua kegiatan awal perusahan untuk menghasilkan sebuah input pasti menggunakan teknologi. Vendor atau pemasok termasuk bahan pendukung.
Proses :       
Semua bahan baku kemudian diproses untuk menghasilkan output. Tidak semua proses yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan output sama. Setiap perusahaan pasti beda dalam prosesnya.
Pemasaran Input:   
Sebelum output sampai ketangan pembeli. Pihak perusahaan harus lebih dulu mendata untuk pemasarannya. Perusahaan harus membuat data Daftar Pembeli atau Customer, Data Lokasi Pasar, Data Vendor Periklanan, Data Industri, Data Vnedor pengiriman, jika Customer membeli dari website perusahaan dengan sistem online serta untuk Customer yang berada diwilayah luar. Semua harus didata dengan teliti untuk menghasilkan sebuah data yang tepat. Agar sistem pemasarannya berjalan dengan sukses.
Output Pemasaran :
Dalam output pemasaran ini pihak penjual menggolongkan beberapa jenis, seperti Daftar Pembagian Golongan Pembeli, Daftar Harga Produk Sesuai dengan Lokasi Pasar dikarenakan Penjual harus menteliti dimana produknya tersebut akan dijual. Tidak mungkin menjual produk mahal jika lokasi pasarnya ada didaerah pedesaan.
Aktivitas Keuangan Input :
Dibagian ini dari pihak perusahaan penjual yaitu bagian akuntansi menggumpulkan data data yang berhubungan dengan proses kerja. Yaitu data pengeluaran dan pemasukan kas, data investasi, dan semua data keuangan yang terkait dengan pihak proses kerja.
Output Keuangan : 
Adalah hasil dari aktivitas keuangan input. Ouput keuangan sudah berupa Laporan Keuangan, bukan hanya sebatas Data.

2. Jelaskan alasan, mengapa manusia belajar bisnis!
Bisnis, dalam Ilmu Ekonomi artinya adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Serta pengertian lain yang menyebutkan bisnis adalah kegiatan yang sibuk untuk mendatangkan keuntungan. Semua bisnis yang dilakukan sebagian besar untuk mendatangkan keuntungan. Tetapi ada juga perusahaan yang hanya untuk mensejahterakan karyawannya dan perusahaan pemerintah yang mensejahterakan rakyat.
Manusia berbisnis untuk kehidupannya. Setiap kegiatan yang dilakukan manusia sebagian besar adalah bisnis, termasuk membeli atau menjual. Manusia harus berbisnis untuk melangsungkan hidup. Pada era sekarang, semua kebutuhan harus dipenuhi dengan bisnis, tidak ada lagi sistem barter.
Untuk kebutuhan pokok seperti nasi, manusia harus membelinya kepada penjual beras sebelum mereka olah menjadi nasi. Penjual beras pun harus membeli ke agen yang lebih besar atau perusahaan beras tersebut. Dan perusahaan beras pun membeli kepada petani padi, begitupun selanjutnya berulang terus.
Manusia pasti melakukan bisnis sepanjang hidupnya, dari kecil, dewasa hingga menghembuskan nafas terakhir. Karena bisnis yang membantu manusia menjalani hidup, jika tidak berbisnis, manusia tidak makan, tidak membeli baju. Dari hal yang kecil hingga besar semua pasti berbisnis. Dari bisnis rumahan hingga perusahaan besar.

3. Terangkan sejarah terjadinya bisnis !
Sejarah bisnis di Indonesia setidaknya pada abad ketujuh, dimana Indonesia telah menjadi wilayah perdangangan yang penting. Ketika Sriwijaya dan Majapahit, diperdagangkan dengan Cina dan India. Negara lain tertarik dengan kebudayaan Indonesia. Dan masyarakat Indonesia pun secara bertahap mengadopsi kebudayaan asing, agama, dan tata cara hukum. Indonesia terkenal dengan Negara penghasil rempah-rempahnya. Negara yang menjajah Indonesia, tentu menghabiskan seluruh rempah-rempah untuk negaranya sendiri. Lalu setelah Indonesia merdeka, rempah-rempah tidak dikuras habis, karena Indonesia sudah mempunyai hukum yang mengatur perdagangan itu.
Indonesia berkembang menjadi Negara yang banyak mengekspor hasil kebudayaannya. Indonesia tidak lagi hanya meminta barang kebutuhan ke Negara lain, tetapi sudah bisa menghasilkannya sendiri. Sekarang ini kualitas produk buatan Indonesia tidak kalah bagus dibanding produk dari Negara Maju.


0 komentar:

Posting Komentar