Minggu, 18 November 2012

TUGAS BISNIS MINGGU 8-9


TUGAS BISNIS MINGGU 8-9
KELAS 1EB20



1.   Aprilia Rahayu     (21212016)
2. Dewi Sartika         (21212962)
3. Firmansyah J.R     (22212989)
4. Insanul Ikhlas        (23212741)
5. Nur Siti Fatimah   (25212473)







1. Apa yang dimaksud dengan nilai mata uang dan buatlah 1 contoh perhitungan tentang nilai waktu uang sekarang/saat ini dan nilai uang yang akan datang?
Uang didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum, alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang, beberapa ahli juga menyebutkan uang berfungsi sebagai alat penunda pembayaran.
Suatu benda dapat dikatakan sebagai alat tukar atau alat pembayaran jika mempunyai Nilai. Akan tetapi selain nilai mata uang, uang juga harus mempunyai nilai-nilai lain, yaitu:
w  Nilai Intrinsik, Nilai bahan untuk membuat uang yang terkandung dalam mata uang.
w  Nilai Nominal, Nilai yang tertulis dalam mata uang.
w  Nilai Umum, Nilai uang yang tercermin pada harga barang atau jasa.
w  Nilai Khusus, Nilai uang yang sangat dipengaruhi oleh perbedaan tempat, waktu, dan keadaan.
w  Nilai Internal, Nilai mata uang yang ditentukan oleh jumlah barang dan jasa yang dapat dibeli dengan sejumlah uang tersebut.
w  Nilai Eksternal, Nilai tukar mata uang suatu Negara terhadap mata uang Negara lain yang disebut kurs valuta asing
Nilai waktu uang, adalah konsep yang memperhitungkan waktu dalam menghitung nilai uang, artinya uang yang dimiliki hari ini tidak akan sama nilainya dengan satu tahun yang akan datang.
Nilai waktu uang sekarang, sejumlah uang yang saat ini dapat dibungakan untuk memperoleh jumlah yang lebih besar dimasa mendatang.
Nilai waktu uang mendatang, nilai uang yang akan datang dari satu jumlah uang atau seri pembayaran pada waktu sekarang, yang dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu.





2. Jelaskan dengan singkat padat alasan mengapa perusahaan membutuhkan dana!
Setiap perusahaan membutuhkan dana untuk tetap beroperasi, karena kegagalan dalam membayar pemasok dapat membuat suatu perusahaan bangkrut. Ada dua jenis pengeluaran, Pengeluaran Jangka Pendek, dan Pengeluaran Jangka Panjang.
Untuk memenuhi kebutuhan akan pengeluaran jangka pendek dan panjang. Perusahaan juga membutuhkan dana yang tidak saja dapat dipenuhi oleh kemampuan modal awal, serta laba yang dihasilkan tetapi juga dan dari luar perusahaan seiring dengan perkembangan kemajuan usahanya.
w  Sumber Dana Jangka Pendek, meliputi;
§      Hutang Dagang
§      Pinjaman Bank Jangka Pendek dengan Jaminan
§      Pinjaman Bank Jangka Pendek tanpa Jaminan

w  Sumber Dana Jangka Panjang, meliputi;
§      Hutang Jangka Panjang
§      Obligasi perusahaan
§      Laba ditahan












3. Sebutkan apa saja metode penilaian Investasi
w  Metode Average Rate of Return
Dapat juga disebut tingkat pengembalian rata-rata yang merupakan suatu metode evaluasi atas usulan pengeluaran modal yang memutuskan pada profitabilitas yang diharapkan dari investasi tersebut

w  Metode Waktu Pengembalian Investasi
Dapat disebut juga dengan metode Payback Pride (PP), Merupakan teknik penilaian terhadap jangka waktu pengembalian investasi suatu proyek atau usaha. Perhitungan ini dapat dilihat dari perhitungan kas bersih yang diperoleh setiap tahun. Nilai kas bersih merupakan penjumlahan laba setelah pajak ditambah dengan penyusutan.

w  Metode Net Present Value
Adalah selisih antara present value dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang perlu ditentukan nilai bunga yang relevan.

0 komentar:

Posting Komentar